Hai Bride & Groom to be…

Sedang sibuk mempersiapkan pernikahan? Jangan lupa, salah satu hal penting yang terkadang dilupakan adalah memilih sepatu pengantin alias wedding shoes yang cantik dan keren, namun nyaman digunakan.

Dari sekian panjang daftar aksesoris pernikahan, sepatu pengantin terbilang berada di posisi teratas. Tentunya, pemilihan wedding shoes disesuaikan dengan gaya dan selera masing-masing calon pengantin.

Untuk beberapa mempelai wanita, menemukan wedding shoes yang cantik dan sempurna bahkan sama menggembirakannya dengan menemukan gaun pengantin impian. Namun bagi sebagian mempelai pria, kenyamanan menjadi hal utama.

Berikut beberapa tips memilih wedding shoes yang dirangkum dari sejumlah bridal stylist ternama seperti disadur secara bebas dari The Brides.

Temukan Dulu Gaun Pengantin

Wedding Shoes dan Wedding Dress
Wedding Shoes dan Wedding Dress

Sebelum berburu sepatu, sebaiknya calon mempelai wanita terlebih dahulu menentukan wedding dress yang akan dikenakan. Alasannya sederhana, demi keselarasan gaya – baik model, warna, detail, dan sebagainya.

Panjang gaun pengantin juga menjadi salah satu pertimbangan.

Bagi yang memilih gaun lebih pendek, disarankan memilih sepatu dengan aksesoris menawan, baik dari sisi warna, kilau ornamen, dan lainnya.

Sementara untuk yang bergaun pengantin panjang, kenyamanan lebih diutamakan saat memilih wedding shoes.

Alasan lain untuk memilih gaun pengantin lebih dahulu adalah karena Anda akan membutuhkan wedding shoes setiap kali melakukan fitting gaun.

“Ini akan memberikan ukuran sepatu pengantin yang sebenarnya bagi pembuat gaun atau jas pengantin, sehingga dia dapat mencatat informasi tersebut. Pembuat gaun atau jas pengantin akan menyesuaikan panjang baju berdasarkan tinggi sepatu pengantin agar mendapatkan tampilan sempurna,” tutur Devoreaux A. Walton, pakar dan konsultan gaya dari The Poise Pursuit.

Untuk itu, sebaiknya proses memilah sepatu pengantin seiring dengan waktu berburu baju pengantin.

“Jika Anda memulai pencarian wedding shoes lebih cepat, maka Anda akan mendapat beberapa pilihan untuk menyesuaikannya dengan keinginan Anda,” ungkap Burju Perez dari Burju Shoes.

Jangan Beli Online

Berselancar online untuk mencari model wedding shoes impian sangat disarankan untuk mempersingkat waktu pencarian. Namun para pakar memperingati agar tidak membeli sepatu pengantin secara online.

“Ini adalah sepasang sepatu yang akan dikenakan selama berjam-jam, jadi sangat penting untuk mencoba sepatunya dahulu dan merasakan kenyamanan ketika digunakan untuk berdiri dan berjalan sebelum Anda menggesek kartu (membayar),” tutur Jessica Chen, pakar pernikahan dari Wedding Dresser.

Kenali Venue (Tempat Pesta) Anda

Sepatu Pengantin dan Wedding Venue
Sepatu Pengantin dan Wedding Venue

Chen juga menyarankan calon pengantin untuk terlebih dahulu memilih tempat pesta atau wedding venue sebelum berkeliling mencari sepatu pengantin.

“Tempat pesta terlibat dalam seberapa tinggi heel yang seharusnya Anda kenakan, karena mencoba terlihat anggun saat berjalan melalui pasir di pantai akan jauh lebih sulit dibandingkan berjalan di lorong gereja,” paparnya.

Konsisten Dan Nyaman

Cara memilih wedding shoes
Cara memilih wedding shoes

Untuk tampilan terbaik, calon mempelai disarankan konsisten dalam memilih gaya.

“Jika Anda ingin tampilan yang lebih vintage atau retro, pastikan gaya sepatunya juga selaras,” kata Chen.

Namun tidak sekedar gaya, faktor kenyamanan pun menjadi prioritas ketika memilih wedding shoes.

“Kita selalu fokus ke gaya, dimana juga penting, namun jika kaki Anda sakit hingga harus melepaskan sepatu tersebut… apa gunanya memilikinya?” tutur Perez.

Untuk kenyamanan, perhatian utama adalah ukuran tinggi heel, karena semakin tinggi akan semakin membebani kaki Anda. Perez menyarankan heel yang tidak terlalu tinggi atau heel yang lebih tebal.

Selanjutnya padding serta lebar sepatu.

“Beberapa memiliki kaki yang lebar, beberapa ramping dan beberapa mengalami masalah akibat bunion (benjolan tulang di pangkal jempol kaki).

“Sepatu yang memiliki renda atau pengikat dapat disesuaikan lebarnya sehingga lebih pas untuk siapapun yang memiliki masalah yang disebutkan di atas,” kata Perez.

Jangan Takut Warna

Wedding Shoes dan Wedding Bouquet
Wedding Shoes dan Wedding Bouquet

Camkan! Sepatu pengantin tidak selalu harus berwarna putih. Warna sepatu tergantung dari selera calon pengantin.

Contohnya, jika lebih menyukai sesuatu yang klasik dan tradisional, maka dapat memilih warna putih, champagne, ivory, dan nude. Namun untuk yang lebih modern, dapat memilih warna gold, silver, atau rose gold.

“Sepatu metalik menambah sedikit kilau dan cahaya yang memikat mata,” ungkap Perez.

Atau bisa juga disesuaikan dengan warna bunga di wedding bouquet Anda.

“Jika buket Anda memiliki warna yang dapat diselaraskan dengan sepatu – misalkan sepatu merah dengan bunga mawar merah atau sandal kuning dengan bunga tulip berwarna kuning.”

Pilihan lain adalah menyesuaikan warna wedding shoes dengan yang dikenakan calon pengantin pria.

“Jika dia mengenakan jas, vest, atau dasi dengan warna tertentu, Anda dapat menambahkan warna tersebut pada sepatu untuk menyelaraskan dengan calon suami Anda,” ujar Perez.

Harus Dicoba Setelah Membeli!

Memilih wedding shoes yang tepat
Memilih wedding shoes yang tepat

Wedding shoes disarankan untuk terus dicoba setelah calon mempelai membelinya. Perez merekomendasikan untuk mencoba mengenakan sepatu tersebut setidaknya selama satu jam dalam posisi berdiri.

“Jika Anda tidak mampu berdiri selama sekurangnya satu jam dengan mengenakan sepatu tersebut, kemungkinan itu bukan pilihan terbaik untuk Anda.

“Sepatu itu tidak akan nyaman dikenakan dalam rangkaian perayaan pernikahan, sesi foto, serta resepsi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here