Seserahan identik dengan pernikahan. Bukan sekedar ungkapan cinta, seserahan memiliki makna bahwa calon pengantin pria telah mampu memberi nafkah dan bertanggung jawab atas kebutuhan calon istri dan keluarganya.

Lalu kira-kira apa saja ragam isi kotak seserahan?

Pilihan isi seserahan tidak selalu sama antara satu calon pengantin dengan lainya. Terutama mengingat keanekaragaman daerah di Indonesia yang masing-masing memiliki pakem tertentu untuk diikuti.

Sebagai contoh, di beberapa daerah terbiasa untuk melengkapi isi salah satu kotak seserahan dengan kue bertekstur lengket seperti kue talam. Kue tersebut menjadi simbol harapan agar calon suami istri tersebut dapat ‘lengket’ selamanya.

Kendati demikian, jaman sekarang semakin banyak calon pengantin yang memilih untuk mengisi kotak seserahan dengan barang-barang yang berguna untuk keperluan sehari-hari.

Bahkan tak jarang sepasang calon pengantin bersama-sama memilih barang yang akan dirangkai dalam kotak seserahan agar sesuai selera.

Secara umum, berikut isi kotak seserahan yang akan dihantarkan dalam proses lamaran:

1. Perlengkapan ibadah

Seserahan 1
(credit: Wedding of Danson & Reny @kobexindo_oneelevenwedding – 2018)

Seserahan dalam bentuk perlengkapan ibadah menjadi simbol untuk mengingatkan calon mempelai pada sang pencipta. Tentu isinya mengikuti kepercayaan masing-masing calon pengantin.

Bagi pasangan muslim umumnya kotak seserahan akan diisi dengan Mukena, Sajadah, Tasbih, dan Al Quran. Sedangkan untuk yang beragama nasrani, biasanya berisi Alkitab, Rosario, Patung Tuhan Yesus atau Bunda Maria.

2. Set Cincin Pernikahan

Seserahan 2
(credit: Wedding of Danson & Reny @kobexindo_oneelevenwedding – 2018)

Seserahan ini menjadi wujud doa agar ikatan cinta sepasang mempelai abadi hingga maut memisahkan. Cincin nikah umumnya diberikan satu set, satu untuk calon pengantin pria dan satunya untuk calon pengantin wanita.

Bagi calon mempelai muslim, umumnya cincin sang pria tidak berupa emas, dapat diganti dengan cincin berbahan monel atau kuningan. Sementara mempelai wanita tetap diperbolehkan menggunakan cincin yang terbuat dari emas.

3. Perhiasan

Berbeda dengan cincin pernikahan yang menjadi lambang ikatan cinta, hantaran seserahan berisi perhiasan menjadi simbol harapan agar calon pengantin wanita selalu bersinar dan bercahaya di sepanjang kehidupan berkeluarga.

Umumnya, isi kotak seserahan berupa satu set perhiasan, mulai dari kalung hingga anting baik yang terbuat dari emas, intan, atau berlian. Dalam hal ini sebaiknya hantaran seserahan ini sesuai dengan kesepakatan pasangan calon pengantin hingga tidak memberatkan salah satu pihak.

4. Set Busana Wanita, Tas dan Sepatu

Seserahan 4
(credit: Wedding of Danson & Reny @kobexindo_oneelevenwedding – 2018)

Bagi pasangan dengan adat Jawa, set pakaian dalam seserahan biasanya berupa bahan kebaya dan kain jarik bermotif batik sebagai simbol harapan agar suami dan istri dapat menyimpan rahasia rumah tangganya dengan baik.

Namun pada dasarnya, isi kotak seserahan ini dapat disesuaikan dengan keinginan dan selera masing-masing calon mempelai. Bisa berupa dress, pakaian kerja, lengkap dengan tas atau clutch pesta, serta sepatu.

5. Perlengkapan rias atau makeup

Seserahan 5
(credit: Wedding of Danson & Reny @kobexindo_oneelevenwedding – 2018)

Memiliki makna agar calon mempelai wanita selalu dapat menjaga penampilan di depan suaminya, isi kotak seserahan ini biasanya dilengkapi peralatan makeup serta perangkat perawatan tubuh termasuk sabun, shampoo, body scrub, body lotion, hingga masker.

Nah… mengingat kebanyakan calon pengantin wanita sangat concern dengan brand yang cocok dan sesuai selera, sebaiknya calon pengantin pria menyerahkan pilihan items ini sepenuhnya kepada calon istrinya.

6. Makanan

Tidak ada batasan tertentu dalam pemilihan jenis makanan yang akan diisi di kotak seserahan. Bisa berupa kue tradisional hingga kue modern seperti cake red velvet.

Tentu sebaiknya memilih makanan sesuai selera calon pengantin wanita agar tidak mubazir. Sebagai contoh, seperti dilansir dari Jawa Pos (22/3/2019), Krisjian Baharudin yang membawakan seserahan berupa makanan kesukaan Siti Badriah antara lain kue-kue serta rendang ayam.

Sedangkan sesuai adat Jawa, biasanya dipilih makanan berbahan dasar beras ketan seperti lemper, kue lapis, jenang, dan sebagainya. Makanan tradisional ini menjadi simbol harapan agar calon mempelai selalu lengket sepanjang masa.

7. Buah-buahan

Menjadi simbol dan harapan agar pasangan yang menikah kelak bisa menghasilkan buah yang melimpah bagi keluarga dan lingkungan. Isi kotak seserahan bisa berupa pisang, anggur, jeruk, serta apel.

Tidak ada batasan mengenai jumlah kotak seserahan dan sebaiknya disesuaikan dengan kesepakatan pasangan calon mempelai. Namun mengingat di Indonesia sudah tercampur dengan budaya Jawa, maka disarankan jumlah kotak seserahan berjumlah ganjil seperti 5, 7, 9, dan seterusnya.

Sedangkan dalam adat Sunda, biasanya calon pengantin perempuan juga turut memberikan seserahan pada pihak pria. Isinya dapat berupa perlengkapan ibadah, pakaian lengkap dengan tas dan sepatu, perawatan tubuh dan perlengkapan mandi, makanan, serta buah-buahan.

Selamat mempersiapkan pernikahan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here