“Cakes are special. Every birthday, every celebration ends with something sweet, a cake, and people remember. It’s all about the memories.” -Buddy Valastro-

Hai Bride-To-Be…

Salah satu yang harus dipersiapkan dalam merancang sebuah pesta pernikahan adalah memilih Kue Pengantin alias Wedding Cake.

Saat ini calon pengantin memiliki sangat banyak pilihan mengingat beragamnya vendor wedding cake yang ada.

Namun luasnya pilihan terkadang menjadi dilema tersendiri bagi calon mempelai. Tepatkah wedding cake yang saya pilih atau jangan-jangan keputusanku keliru…

Untuk membantu calon pengantin, berikut 6 langkah sebagai panduan tepat untuk memilih Wedding Cake seperti disadur bebas dari berbagai sumber

Sesuaikan Tema

Tema Kue Pengantin
Tema Kue Pengantin

Ingat… kue pengantin seharusnya menjadi bagian dari pernikahan, bukan menjadi tontonan yang mencolok.

Untuk itu pemilihan model kue pengantin sebaiknya dilakukan setelah Anda selesai memilih tema pernikahan. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikannya dengan keseluruhan tema, agar selaras dengan dekorasi pernikahan, pemilihan bunga, wedding venue, gaun pengantin, bahkan menu catering.

Pilihlah wedding cake yang cocok dengan gaya venue, wedding dress, serta bunga yang Anda gunakan untuk dekorasi resepsi. Jika Anda ingin menambahkan aksen warna – misalkan bunga atau pita dari gula – berikan panduan warna ke baker-nya.

Tampilkan Gaya Anda

Beberapa pembuat kue pengantin kemungkinan memiliki gaya sangat spesifik, sementara yang lainnya menawarkan beragam pilihan gaya. Contohnya, ada baker yang lebih suka berkreasi dengan fondant cake dengan estetika yang lebih modern, namun ada juga yang lebih ahli menggunakan buttercream.

Bagi beberapa orang, kue yang menggunakan buttercream terasa lebih lezat. Namun jika lebih menyukai tampilan kue yang terlihat ‘nyata’, Anda dapat mempertimbangkan kue fondant.

Atau Anda juga bisa memilih menggunakan ganache – frosting yang kaya tekstur, terbuat dari coklat dan krim. Meskipun warnanya coklat tua, namun Anda bisa meminta baker untuk menghiasinya dengan beragam buah agar cocok menjadi wedding cake.

Oleh karenanya, lebih baik tetapkan terlebih dahulu gaya tampilan kue pengantin yang Anda inginkan sebelum memilih vendor wedding cake yang tepat. Agar memudahkan, Anda dapat berselancar mencari gambar-gambar di internet dan memilih gaya yang disukai.

Kenali Tempat Pesta Anda

Lokasi Kue Pengantin
Lokasi Kue Pengantin

Sesuaikan ukuran kue pengantin dengan wedding venue.

Jika Anda memilih tempat pesta dengan atap tinggi, maka kue pengantin berukuran tinggi menjadi pilihan tepat. Namun andaikan Anda memilih pesta pernikahan yang bersifat lebih intim serta kekeluargaan, maka kue pengantin dengan dua atau tiga lapisan akan lebih sempurna.

Jangan Lupakan Rasa

Rasa Kue Pengantin
Rasa Kue Pengantin

Perlu diingat, wedding cake tidak hanya terfokus pada tampilan namun juga rasa. Jangan takut untuk memilih berbagai rasa yang tidak ‘mainstream’, sesuaikan saja dengan selera Anda – apakah itu rasa lemon, kopi, kelapa, dan lainnya.

Apalagi jaman sekarang pada umumnya kue pengantin tidak dibagikan kepada para tamu pernikahan di Indonesia, namun hanya dibagikan pada keluarga atau kerabat dekat.

Dengan demikian tidak usah ragu memilih kue yang berwarna pekat – seperti coklat tua atau red velvet – karena tidak akan mengganggu tampilan Anda maupun para tamu saat tersenyum untuk berfoto bersama.

Perhatikan Cuaca

Cuaca Untuk Kue Pengantin
Cuaca Untuk Kue Pengantin

Sangat penting untuk memperhatikan faktor cuaca saat memilih kue pengantin, terutama bagi yang menggelar pesta pernikahan outdoor. Jangan lupa, buttercream, meringue, dan whipped cream sangat mudah meleleh, sedangkan fondant cukup bertahan di udara panas.

Perhitungkan Biaya

Perhitungkan Biaya Kue Pengantin
Perhitungkan Biaya Kue Pengantin

Ketika memilih model wedding cake, Anda sebaiknya juga memperhitungkan biayanya. Harga sebuah kue pengantin pada umumnya berbanding lurus dengan ukuran serta desainnya.

Semakin rumit desain yang diminta dan semakin besar ukuran, tentu biayanya semakin besar. Bagi yang memiliki budget terbatas, dapat mempertimbangkan dekorasi kue dengan menggunakan buah-buahan segar dan bunga alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here